"Pren, tolong solusinya. Pas mau install ulang winXP, hardisk laptop teman gak terbaca, padahal sy janji ini malam dah bisa dipake lagi" Awi, ketua kelas waktu SMA mendadak menelpon tadi malam. Aha, dapat lagi masalah seperti ini. Dulu dengan Toshiba (kalo gak salah Satellite L310) pernah jg dapat masalah yg sama. Oh, ya. Acer juga (Aspire 4310 (?)). Begitu mau diinstal, hardisk tidak terdeteksi.

Setelah diperiksa, ternyata masalahnya sama saja. Ada hubungannya dengan chipset ATA dan SATA (detailnya gak tau, buta ttg masalah itu). belajar dari pengalama terdahulu, langsung sj digoggling di net. Dan, dapat!!

Ternyata ada beberapa solusi yang dapat dilakukan :
1. Gunakan pancingan berupa flopy drive external untuk membaca driver dari hard disk SATA pada notebook ini, mungkin cara ini aga sedikit rumit karena dibutuhkan flopy drive tambahan dan bootable disk yang tersedia driver untuk hardis SATA yang tertanam pada notebook ini
2. Diinstal dengan WinXP Black Edition
3. Gabungkan SATA driver v3000 dengan installer cd WinXP

karena cara 1 dan 2 saya tdk bisa (tidak ada flopi external dan CD winXP Blac Ed, maka saya pilih cara ke3:

1. Donlod driver SATA dari : http://www.siliconimage.com/docs/311…idvr-12057.zip
2. Gabung driver tersebut dengan installer winXP (bisa pake nLite)
3. Install windows XP seperti biasa

gampang kan?

masih bingung? ini ada cara yg lebih gampang (katanya). Sebenarnya Compaq (pada seri tertentu) sudah menanamkan driver-driver yang dibutuhkan untuk menginstall ulang OS. Pada saat booting, tekan F11, terus next-next saja (baca dan ikuti baik2 perintahnya). Jangan lupa membackup semua data terlebih dahulu.
This entry was posted on 02.28 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: