TIPS MEMBANGUN WEB/BLOG
03.59 | Author: luqe

Navigasi yang sederhana dan konsisten : Urutan menu harus dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan user. Sebaiknya menu yang berjajar ke bawah tidak sampai membuat user harus melakukan scroll yang panjang.

Resolusi layar : Gunakan resolusi yang dipakai oleh sebagian besar pengguna komputer. Sekitar 60% user menggunakan resolusi layar 1024x768 pixel.

Gunakan Bread-crumb : Breadcrumb adalah fasilitas yang memungkinkan user untuk kembali ke halaman sebelumnya tanpa perlu ke ‘home’ terlebih dahulu

Site Map : Site Map adalah satu halaman khusus yang berisi denah atau struktur menu dalam suatu website. Site map ini akan membantu user dalam mencari sesuatu dengan cepat. Buatlah struktur site yang mudah dimengerti.

Fasilitas Search : Jangan lupa membuat menu ‘search’ sebagai alat bantu bagi user dalam mencari yang diinginkannya. Lebih baik lagi jika ada ‘advance search’ untuk mencari info yang lebih spesifik.

Ukuran Huruf : Jangan gunakan font yang terlalu besar atau terlalu kecil. Gunakan ukuran minimal 10pt.

Link yang sederhana : Pakailah nama link yang mudah dihapa, jangan menggunakan kode-kode yang panjang

Flash : Hindari menggunakan flash jika tidak terlalu dibutuhkan. Sesuaikan dengan kecepatan internat rata-rata user. Flash akan memperlambat koneksi, terutama jika berukuran besar.

Kompatibilitas browser : Buatlah website yang kompatibel dengan browser yang umum dipakai. Kompatibel berarti dapat dibuka oleh semua browser.

Warna : Tidak semua user dapat membedakan warna, karena itu hindari menggunakan warna yang dapat membingungkan user, misalnya menggunakan warna huruf abu-abu dengan latar hitam atau latar putih. Jangan juga menggunakan huruf yang berwarna biru, apalagi dengan garis bawah, sebab biasanya hal itu bearti hyperlink (link ke halaman/situs lain)

Banner/Iklan : Jangan sampai banner/iklan mendominasi situs anda. Ingat, user mengunjungi situs anda bukan untuk melihat iklan !!!

Printable/Downloadable : User biasanya menyukai situs yang isinya dapat diprint, lebih bagus lagi kalau dapat di download/disave, misalnya dalam bentuk pdf.

Sumber : CHIP magazine

This entry was posted on 03.59 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: